Penjelasan Tentang Bitcoin

Bitcoin adalah sebuah mata uang elektronik yang diciptakan tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin digunakan untuk transaksi jual - beli di internet tanpa menggunakan perantara bank. Bitcoin menggunakan sistem peer to peer (P2P). Hanya saja, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Tidak seperti mata uang lainnya, bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan database yang didistribusikan ke node-node jaringan P2P ke jurnal transaksi. 
 
Bitcoin ini unik, dia dapat dibagi hingga seper seratus juta satuan, satuan terkecil ini biasa di sebut Satoshi nama satuan ini diambil dari nama penemu Satoshi Nakamoto. Nilai bitcoin saat ini menjadi sangat besar sehingga anda harus sangat teliti dalam melakukan transaksi. Satuan untuk bitcoin yang lebih kecil yaitu Satoshi, di atasnya disebut mikro Bitcoin, dan di atasnya lagi adalah milli Bitcoin, Satu mikro bitcoin bernilai satu per sejuta bitcoin. Satu milli bitcoin terdiri dari seribu mikro bitcoin dan satu bitcoin terdiri dari sejuta mikro bitcoin. Mikro bitcoin disingkat (µBTC) dan dibaca yu-bit atau bits. 
 
Tabel Satuan Bitcoin
Tabel Satuan Bitcoin



Satoshi=0.000 000 01 BTC=0.000 01 mBTC=0.01 µBTC . Jadi 1 Bitcoin sama dengan seratus juta satoshi (1 BTC=100 000 000 satoshi) dan 0.01BTC sama dengan 0.01000000BTC, penambahan atau pengurangan angka nol dibelakang koma tidak mempengaruhi nilai. Berbeda dengan uang yang biasanya kita simpan di rekening bank, untuk bitcoin pada dasarnya harus di simpan dalam komputer pribadi dengan format file wallet, atau disimpan dalam wallet yang disediakan oleh pihak ketiga. Karena kepemilikannya ini bisa mengatasnamakan anonim, bitcoin bahkan sering digunakan sebagai metode pencucian uang dan berbagai tindakan kriminal lainnya. Bitcoin juga dapat ditransfer lewat internet kepada siapapun yang mempunyai wallet bitcoin. 
 
Dengan bitcoin juga, transaksi antar-negara menjadi sangat mudah dan privat karena bitcoin sendiri tidak terikat pada negara, hukum atau regulasi manapun. Perlu diketahui bahwa setiap transaksi bitcoin tercatat dalam catatan publik tetapi nama yang terlibat tidak pernah dicatat dan selalu anonim. Di satu sisi, karena memungkinkan terjadinya transaksi gelap, sangat sulit bagi pihak otoritas untuk melacak siapa saja yang terlibat dalam berbagai tindakan kriminal. Tindakan kriminal tersebut misalnya seperti pendanaan terorisme, pembelian senjata, narkotika, dan sebagainya karena tingkat anonimitas yang luar biasa. Jadi sudah tahukan anda apa itu Bitcoin? Bila anda tertarik untuk melakukan transaksi Bitcoin bisa menggunakan aplikasi Luno.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Uang Digital Cryptocurrency

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bitcoin